Translate

Minggu, 29 Juli 2012

Media Komunikasi Modern

Media Komunikasi modern terdiri dari 6 media, yaitu:
 1. Koran (Surat Kabar)
     pertama kali digunakan pada tahun 59 SM di kekaisaran Romawi kuno. saat itu koran digunakan untuk agenda kegiatan sang kaisar, yaitu Julius Caesar yang bertajuk "relation" dan masih menggunakan daun lontar (papyrus).
 2. Radio
     penemuan radio diawali dengan ditemukannya gelombang radio oleh Heinrich Hertz pada tahun 1887. sekitar 10 tahun kemudian oleh Guglielmo Marconi membuat radio pertama, tepatnya 1897. Radio merupakan alat komunikasi pertama yang tidak menggunakan kabel penghubung. pada tahun 1902 Guglielmo Marconi mengirimkan sinyal radio pertama yang dapat menybrangi Samudra Atlantik.
3. Telegraph
     Telegraph berasal dari dua kata yaitu Tele (Jauh) dan Graph (Tulis). dan berasal dari kata Yunani yaitu Telegraphy yang berarti menulis jarak jauh. Telegraph adalah alat komunikasi yang dapat mengirimkan sinyal yang mewakili kode huruf, angka, dan tanda-tanda baca. pada awalnya ada beberapa jenis, yaitu Telegraph Akustik yang menggunakan bentuk suara manusia. telegraph Hidrolik menggunakan gelas kaca dan tongkat dan Telegraph Optik yaitu menggunakan tembakan api dan cermin (Semaphore). telegraph Optik atau semaphore pertama kali dikenalkan oleh Claude Chappe. Telegraph  Elektrik diperkenalkan pada tahun 1831 oleh Joseph Henry yang kemudian disempurnakan oleh Samuel Morse pada tahun 1843 lengkap dengan kode Morse-nya. semula Morse memperkenalkan telegraph menggunakan pita kaset untuk disandikan.
Telegraph pertama yang digunakan Morse untuk memperkenalkan telegraph adalah mengirimkan tulisan "What Hath God wrought".
4. Televisi
    Televisi berasal dari dua kata yaitu, Tele (Jauh) dan Vision (Gambar). Jadi, televisi berarti melihat jarak jauh. Televisi berasal dari ditemukannya cakram metal (logam) kecil yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkow pada tahun 1883. Alat tersebut kemudian dikembangkan oleh Charles F. Jenkins pada tahun 1925 diikuti oleh John Logie Baird yang mengirimkan eksperimen sinyal Televisi yang pertama.
Seirirng perkembangan teknologi, televisi pun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jika dulu televisi jika dulu layar televisi cembung, berwarna-hitam putih dan gambar yang ditampilkan pun putus-putus, maka sekarang televisi telah berlayar datar, berwarna lengkap dan gerakannya sudah nyata seperti manusia yang hidup.
5. Telepon
    Telepon juga berasal dari dua kata juga, yaitu: Tele (Jauh) dan Phone (Bicara). Jadi, bicara jarak jauh. Telepon.
merupakan alat komunikasi dua arah yang dapat mengirimkan sinyal lewat sinyal listrik. Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Dari pesawat telepon sederhana kemudian dikembangkan oleh Almon Strownger yang menciptakan telepon dengan pemutar otomatis. Pada tahun 1898 diciptakan mesin penjawab otomatis. Pada tahun 1914.
Teknologi telepon berkembang menjadi telepon tetap (fixed line telephone) yang menggunakan kabel penghubung menjadi telepon tanpa kabel (Handphone) pada tahun 1973. Jepang membangun jaringan telepon selular pada tahun 1979 dan kemudian diikuti oleh AS pada tahun 1983.
6. Internet
     Ide awal pembuatan Internet adalah adanya kepentingan khususnya pemerintah Amerika Serikat untuk mengumpulkan informasi tentang hasil -hasil penelitian yang tersebar di berbagai tempat. Pada tahun 1960-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun proyek Internet yang pertama kali dan diberi nama ARPANET. Setelah itu di tahun 1970 Internet mulai dibuka untuk umum dengan mulai dibangunnya proyek Internet yang menghubungkan universitas-universitas terkemuka di dunia. Roy Tomlinson menyempurnakan e-mail atau sebuah program untuk aplikasi internet yang dapat mengirimkan pesan teks.
     Pada tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web (WWW) yaitu, semacam program yang memungkinkan suara, gambar, video dan musik ditampilkan dalam Internet. Karena penemuan inilah Internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Internet telah memungkinkan manusia berhubungan tanpa batasan ruang dan waktu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar